PeePoop Online Media™ | Katakan Yang Benar, Bukan Membenarkan Yang Mengatakan

(Kontribusi) Obama atau Amerika?

Kemenangannya atas Hillarry Rodham Clinton dalam konvensi calon presiden dari Partai Demokrat, seolah-olah sudah menyediakan kursi tertinggi bagi Barack Hussein Obama di Gedung Putih.[...]

(Editorial) Karsa & Kaji, Sekumpulan Hedonis Boros

Quintus Horatius Flaccus, "Carpe Diem, Quam Minimum Credula postero." (Raihlah hari ini, jangan terlalu percaya pada esok)? [...]

(Our Perspective) Media & Pemasaran Politik Dalam Kerangka Neoliberalisme

Menjelang Pemilu 2009, hampir setiap ruang publik penuh dijejali oleh iklan-iklan politik dalam berbagai bentuk. [...]

(Our Perspective) Invasi Israel Sebagai Solusi Krisis Kapitalisme?

Berdasarkan salah satu teori Karl Marx, perang merupakan salah satu pertimbangan untuk solusi krisis kapitalisme. [...]
Foto Peristiwa - Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009
Thumbnail imagegambar besar Thumbnail imageEnlarged view of image Thumbnail imagegambar besar Thumbnail imagegambar besar

Courtesy of Kaskus

Sunday, April 27, 2008

Profil : Hammurabi Sang Pencetus Kode Babylonia


The code's best-known dictum is "If a man put out the eye of another man, his eye shall be put out" -- commonly quoted as "An eye for an eye."

PeePoop - Terlahir dengan nama Hammurabi Yahola pada sekitar tahun 1792 SM. Hammurabi ditakdirkan meneruskan tahta kerajaan Babylonia. Menjadi raja keenam dari dinasti Babylonia pertama. Dalam Bible (Kejadian 14:1) Hammurabi adalah "Amraphel" raja dari Sinoar.

Pada masa kepemimpinannya, Hammurabi banyak melakukan langkah yang luar biasa. Hammurabi memimpin pasukannya untuk menyerang Akkad, Elam, Larsa, Mari dan Sumer, yang menjadikan Kekaisaran Babylonia yang utuh, sama seperti apa yang dilakukan Menes lebih dari seribu tahun sebelumnya. Kemampuan memimpin Hammurabi tidak perlu diragukan lagi, kemampuan berorganisasi Hammurabi juga terungkap lewat surat yang ia kirim untuk para bawahannya, bisa dibilang Hammurabi adalah seorang administrator yang handal yang mampu mengatur segala aspek dalam pemerintahannya. Kesuksesannya dalam membangun Babylonia menjadikan Hammurabi sebagai pemimpin berpengaruh di Asia Barat pada jamannya. Bahkan ia mengendalikan jalur perdagangan barat.

Walaupun Hammurabi banyak menaklukan kerajaan lain akhirnya Hammurabi hilang tertelan waktu seperti sejarah pemimpin-pemimpin besar lainnya. Tetapi yang membuat Hammurabi tetap dikenang sampai sekarang adalah kode resmi pertama di dunia.


Kode tersebut bisa dibilang amat kecil artinya bila dibandingkan dengan tradisi masyarakatnya yang hampir terlupakan hingga tahun 1901. Pada tahun tersebut Arkeolog dari Perancis menemukan kode tersebut diukir diatas potongan batu yang telah diratakan dalam huruf Cuneiform. Dalam kode tersebut terdapat 282 hukum, beserta bukti dari 35 kode lain yang terpecah dan lepas.

Identifikasi dari kode itu sendiri tentang kriminal tertentu beserta ganjarannya. Kode tersebut juga merupakan aturan resmi yang menjelaskan struktur pemerintahan. Karena Hammurabi juga seorang pemuka agama, kode tersebut juga mangandung perintah beragama kepada rakyat Babylonia. Pertama sekali, hukum ini diterbitkan dan diberi kode dan diberitahukan dan diperlihakan kepada semua orang. Jadi, bukan hukum yang dibentuk oleh pemerintah sesuai dengan pendapat pemerintah itu sendiri.

Hammurabi adalah salah satu raja yang sangat dikenal dan dihormati, yang selalu diingat karena menetapkan "perintah dan kebenaran" di negrinya. Kode yang dibuat Hammurabi juga sebagai pendahulu dari sistem resmi yang bahkan masih digunakan oleh masyarakat yang lebih modern. (thePuki)

The code is also one of the earliest examples of the idea of presumption of innocence, and it also suggests that the accused and accuser have the opportunity to provide evidence.

0 comments: