PeePoop Online Media™ | Katakan Yang Benar, Bukan Membenarkan Yang Mengatakan

(Kontribusi) Obama atau Amerika?

Kemenangannya atas Hillarry Rodham Clinton dalam konvensi calon presiden dari Partai Demokrat, seolah-olah sudah menyediakan kursi tertinggi bagi Barack Hussein Obama di Gedung Putih.[...]

(Editorial) Karsa & Kaji, Sekumpulan Hedonis Boros

Quintus Horatius Flaccus, "Carpe Diem, Quam Minimum Credula postero." (Raihlah hari ini, jangan terlalu percaya pada esok)? [...]

(Our Perspective) Media & Pemasaran Politik Dalam Kerangka Neoliberalisme

Menjelang Pemilu 2009, hampir setiap ruang publik penuh dijejali oleh iklan-iklan politik dalam berbagai bentuk. [...]

(Our Perspective) Invasi Israel Sebagai Solusi Krisis Kapitalisme?

Berdasarkan salah satu teori Karl Marx, perang merupakan salah satu pertimbangan untuk solusi krisis kapitalisme. [...]
Foto Peristiwa - Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009
Thumbnail imagegambar besar Thumbnail imageEnlarged view of image Thumbnail imagegambar besar Thumbnail imagegambar besar

Courtesy of Kaskus

Wednesday, June 4, 2008

Kamu Harus Tahu : Fakta Mengenai Mimpi



PeePoop - Banyak orang yang bilang bahwa mimpi adalah bunga tidur, sebuah proses yang dilalui saat seseorang terlelap dalam tidurnya. Mimpi juga menjadi bentuk proses komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang. Proses mimpi selalu berlangsung di alam bawah sadar seseorang.

Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai mimpi yang sudah diolah oleh PeePoop dari berbagai sumber.


1. Semua Orang Bermimpi
Semua orang faktanya bisa bermimpi (kecuali pada beberapa kasus penyakit jiwa parah. Walaupun terkadang lelaki dan perempuan mimpinya berbeda.

2. Orang Buta Juga Bermimpi
Hal ini meyakinkan bahwa semua orang dalam kondisi fisik apapun bisa bermimpi. Orang yang sudah terlahir buta bermimpi tentang suara, sentuhan, dan emosi yang mereka rasakan, tidak bermimpi secara konteks visual.

3. Mimpi Bisa Mencegah Gangguan Emosi
Para peneliti baru-baru ini menyimpulkan mimpi sangat ampuh untuk mencegah gangguan emosi. Hal itu dibuktikan ketika para peneliti tersebut melakukan percobaan dengan membangunkan seseorang pada awal tidurnya tetapu tetap diijinkan tidur 8 jam sehari, setelah 3 hari orang tersebut menjadi kehilangan konsentrasi, mudah marah, halusinasi dan tanda-tanda gangguan emosi lainnya.

4. Seseorang Pasti Lupa 90% Tentang Mimpinya
Sekitar 5 menit setelah seseorang terbangun, maka orang tersebut akan segera melupakan 50% dari mimpi yang dialami, dan 10 menit kemudia 90% jalan cerita dari mimpi yang dialami akan terlupakan.

Penulis puisi terkenal Samuel Taylor Coleridge pada suatu waktu terbangun setelah mendapatkan mimpi yg indah, dia lalu segera menuliskannya di kertas untuk menggambarkan mimpinya tadi, setelah menulis 54 baris tiba-tiba ada orang yang datang kerumahnya. Setelah urusan dengan orang itu selesai Samuel bermaksud menyelesaikan puisinya tadi, tapi dia tidak berhasil mengingat lagi mimpinya. Puisinya itu tidak pernah selesai. Puisi yg tidak pernah terselesaikan itu berjudul “Kubla Khan” dan menjadi salah satu puisi paling terkenal di Inggris.

Sedangkan kebalikannya, Robert Louis Stevenson ( penulis buku Doctor Jeckyll and Mr. Hyde ) dan Mary Shelley’s Frankenstein mendapatkan ide dari mimpi yg mereka alami.

5. Saat Bermimpi Tubuh Seseorang Akan 'Lumpuh'
Ada beberapa hormon yang dihasilkan saat seseorang tidur yang membuat saraf tubuh menjadi lumpuh atau tidak bisa bergerak selama mengalami suatu mimpi.

6. Rangsangan Eksternal Mempengaruhi Mimpi
Hal ini disebut "Dream Incorporation", saat seseorang bermimpi bahwa dirinya haus, dalam mimpi tersebut orang tersebut akan meminum sebotol air, tetapi beberapa menit kemudia orang tersebut merasakan haus yang sangat hebat lagi, dan saat orang tersebut terbangun, ia baru menyadari bahwa ia benar-benar kehausan.

7. Mimpi Hanya Tentang Apa Yang Diketahui Saja
Sepanjang hidup, seseorang sudah pernah melihat ratusan ribu wajah dan tempat, dan para ahli percaya bahwa memori otak kita punya kemampuan yang luar biasa untuk merekam itu semua. Seringkali saat seseorang sedang bermimpi berada di tempat yang asing dan bertemu dengan orang-orang yang tidak dikenal.

8. Mimpi Tidak Seperti Apa Yang Terlihat
Apa yang muncul atau terlihat dalam mimpi sebenarnya hanya simbolisasi dari hal lain. Mimpi juga bagaikan sebuah puisi dengan penggambaran simbolisasi yang sangat dalam.

Begitulah fakta ilmiah tentang mimpi. Dibawah ini adalah info tambahan mengenai mimpi :

1. Saat Mendengkur, Seseorang Tidak Sedang Bermimpi
2. Jika seseorang terbangun pada fase tidur mencapai tahap REM (Random Eye Movement), seringkali mimpi akan terasa lebih nyata dibanding saat kita bangun setelah tidur pulas semalaman.
3. Bayi tidak bermimpi mengenai dirinya sendiri sampai sekitar umur 3 tahun. Tapi sejak umur 3 sampai 8 tahun, bayi akan sering mengalami mimpi buruk yang jauh lebih sering dari orang dewasa. Hal tersebut adalah jawaban, mengapa anak kecil sering menangis setelah terbangun dari tidurnya. (Cecil)

0 comments: